Dimensi Komunikasi


Dalam proses komunikasinya, sebuah komunikasi mempunyai dimensi-dimensi yaitu :
1.          Dimensi Isi
Dimensi isi disandi secara verbal dan menunjukkan muatan (isi) komunikasi , yaitu apa yang dikatakan. Dalam komunikasi massa , dimensi isi merujuk pada isi pesan.

2.          Dimensi Hubungan
Dimensi hubungan disandi secara nonverbal dan menunjukkan dan mengisyaratkan bagaimana proses komunikasi anatara satu sama lain dan bagaimana seharusnya pesan tersebut disampaikan. Dalam komunikasi maasa dimensi hubungan merujuk kepada unsur -unsur lain, termasuk juga jenis saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut. Contoh : Pengaruh artikel dalam surat kabar bukan bergantung pada isinya , namun bergantung juga pada siapa penulisnya , jenis huruf yang digunakan , warna tulisan yang dipakai.

3.          Dimensi Arah
Komunikasi dalam konteks ini dibagi menjadi dua,yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah merupakan satu orang memberikan informasi kepada orang memberikan informasi kepada orang lainnya tanpa ada timbale balik, sedangkan komunikasi dua arah merupakan komunikasi dimana satu orang lain, dan orang lain juga memberikan informasi , sehingga terjadi pertukaran informasi diantara keduanya.

Komentar

Postingan Populer